Liburan Musim Panas 2016 : Kemping di Hutan Alam Pisgah (Bagian 2)

Hari mengexplorasi air terjun!!

Entah kenapa, saya itu kalau liburan, kemping terutama, malah semangat bangun pagi. Mungkin karena terbangun oleh suara kicauan burung ya? Tapi suami dan anak sih sami mawon, mereka tetap tidur dengan lelapnya.

Pagi-pagi kita sarapan dengan kentang serut dan telur orak-arik, yang jelas kudu ada proteinnya, karena kami akan banyak jalan biar tidak kelaparan….ha…ha…ha

DSCN4188

Setelah beres-beres, berangkatlah kita ke pusat informasi Pisgah yang lokasinya cuma 10 menit dari perkemahan.

Disini kita ambil peta dan tanya-tanya tentang lokasi air terjun :

  1. Air terjun Looking Glass
  2. Air terjun Daniel Ridge/Jackson
  3. Air terjun Graveyard
  4. Air terjun Slick Rock
  5. Air terjun Courthouse
  6. Air terjun Moore
  7. Air terjun Cave Rock
  8. Air terjun Sliding Rock

Banyak ya??  Maunya saya sih kam tengokin semua, tapi beberapa air terjun di atas memakan waktu yang lumayan lama untuk didatangi – berhubung kami bawa si anak, jadi harus dibatasi jalan ke air terjun yang tidak lebih dari 3 mil.

2016-07-52

Air terjun pertama yang kita kunjungi itu air terjun Looking Glass (LG). Lokasi (LG)itu gampang, dari pusat informasi tinggal jalan ke arah utara , di sebelah kiri akan ada tanda LG dan kelihatan banyak mobil-mobil parkir di tepi jalan.

Untuk melihat LG, pengunjung cukup turun tangga yang tidak terlalu tinggi dan sudah bisa melihat si air terjun.Di air terjun LG, pengunjung bisa melihat dari dekat – bahkan berenang – kalau mau.  Saya dan anak menyeberang sungai dari satu sisi ke sisi lain.

Ini salah satu air terjun favorit saya! tidak terlalu sulit untuk di capai dan jumlah air cukup banyak – tidak hanya tetesan saja.

Dari LG, kita jalan lagi, tetap di jalan yang sama 276, untuk ke air terjun berikutnya : Moore Cove . Yah, air terjun ini terus terang agak mengecewakan, volumenya airnya sedikit dan jarak pencapaian lumayan jauh. Kalau mau, lokasi ini boleh di lewatkan lah.

Dari Moore Cave, kita istirahat makan siang di pinggir kali pakai indomie goreng…he…he…he..

Selanjutnya kita jalan terus sampai ketemu Blue Ridge Parkway Highway, waduh di sepanjang jalan ini kita bisa berhenti di beberapa lookout untuk melihat pemandangan cantik-cantik.

 

Nah, waktu kami berhenti di salah satu overlook, koq lihat banyak mobil-mobil parkir ya? Yang ada kami ikutan parkir, dan mengikuti kemana arus pengunjung pergi. Tidak ada tanda di sekitar lokasi kecuali penanda kecil dengan angka 417 ini :

DSCN4300

Ya sudah, nekat saja pikir kami, sempat bertanya dengan salah satu hiker, dia bilang ini ke air terjun Courthouse ; Well, pikir kami, yang penting menuju air terjun lah.

Wah ternyata yang kami temui lebih seru dari air terjun, yang kami temui itu lokasi berenang, komplit dengan kolam kecil , tempat loncat dan air terjun ibarat di jacuzi. Belakangan kami baru tahu kalau lokasi ini disebut dengan ‘Skinny Dip‘ – memang tidak ada tanda terlihat di jalan untuk lokasi ini, ibaratnya ‘hidden gem‘ kata petugas di pusat informasi.

Kami menghabiskan waktu cukup lama disini, si kecil senang sekali, karena dia bisa terjun dari tepi batu, bisa berenang di kolam kecil..seru lah pokoknya!

 

Selesai berenang di Skinny Dip, kita lanjutkan lagi perjalanan di Blue Ridge Park Highway, di salah satu tempat parkir di overlook, Devils Courthouse pengunjung bisa lihat tebing batu di kejauhan – yang ternyata bisa di di daki! Jadilah kita naik naik ke tebing….asli pegel!!

DSCN4305

Bayangkan saja dari tempat parkir ini :

DSCN4324

Ujung tebing dari tempat kami parkir

Naik ke tebing :

DSCN4323

Tapi memang pemandangan dari tebing, cantik! jadi relalah kudu jalan ke atas 😉

Turun dari Devils Courthouse, tujuan terakhir hari ini adalah ke Sliding Rock sebelum kembali ke kemah.

DSCN4329

Sliding Rock ini satu-satunya lokasi atraksi yang pengunjung harus bayar tiket masuk sebesar $2 – cuma terima uang tunai atau cek.

Apa gitu Sliding Rock?  Di SR, pengunjung ibaratnya main perosotan alami untuk nyemplung ke sungai. Seru? Banget! anak saya tidak mau balik ke kemah!

Dari SR, kita balik ke kemah, untuk makan malam dan istirahat untuk explorasi besok!!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s