Mudik 2015 : Cerita Teman SMA

Di mudik saya ke Jakarta bulan Januari lalu, saya tidak sengaja bertemu dengan teman SMA saya. Tambah cantik dan langsing dia, tapi gaya bicaranya masih seperti yang saya ingat di jaman SMA. Jadilah kita sibuk ngobrol ngalor ngidul.

Dari hasil ngobrol dengan teman Saya ini, banyak pelajaran yang saya ambil dan terus terang Saya salut sekali dengan dia.

Agak mirip dengan kondisi Saya, kedua orang tua si teman juga sudah menua. Seperti halnya ibu saya, ibu si teman juga sempat terkena stroke ditambah penyakit lainnya yang cukup parah. Kalau saya hanya berdua dengan kakak laki-laki saya, dia hanya berdua dengan kakak perempuan dia.

Teman saya ini bercerita bagaimana proses dia memutuskan untuk menjadi tulang punggung orang tuanya. Dia mengakui kalau sempat ada waktu dimana dia mengacuhkan kondisi keluarganya dan tidak mau peduli.

Tapi akhirnya dia sadari kalau kenyataannya dialah yang diberikan rejeki oleh Yang Maha Kuasa untuk merawat orang tuanya.

Dia menyadari kalau tidaklah adil untuk meminta anggota keluarga lain untuk merawat sementara kitanya tidak mau melakoni sendiri.

Dan itu bukanlah karena yang bersangkutan tidak mau bertanggung jawab atau lepas tangan, tapi karena sejujurnya tidaklah mudah untuk seseorang hidup selama 24 jam sehari semata-mata mengurus orang tua.

Teman saya ini membuka hatinya untuk mengerti dan menghargai kejujuran dan kenyataan di sekelilingnya.

Terus terang , untuk saya itu adalah hal yang tersulit.

Tidaklah mudah untuk siapapun, dimana kita harus ikhlas dengan kenyataan, dimana kita harus membulatkan hati untuk menjadi pihak yang MAMPU mengatasi keadaan. Bahwa dia harus mengobarkan banyak hal-hal pribadi, dia ikhlaskan tanpa dia merasa marah dengan siapapun.

Karena teman saya ini tahu, bahwa marah tidak akan membuat hal menjadi lebih baik ;bahwa dia harus menjadi DEWASA dan legowo.

Terima kasih SS untuk berbagi ceritamu ke aku.

Mudah-mudahan kita bisa ketemu lagi nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s