Proses Masuk ke Amerika

Di tulisan saya ini, teman-teman akan temukan banyak tautan (link) ke situs di luar blog saya, yang berguna untuk ereferensi teman-teman yang ingin tahu lebih detail proses masuk ke Amrik.

Waktu saya kenal dengan calon suami yang warga negara Amerika (2003)dan tahu akan menikah,  kita di hadapkan dua pilihan. Menikah di Amerika atau menikah di Indonesia. Pilihan ini menentukan tipe visa yang akan saya dapat  harus (calon) suami ajukan. 

Kalau menikah di Amerika berarti calon suami harus ajukan petisi untuk visa tunangan; keuntungan visa tunangan ini, jangka waktu pengajuan aplikasi notabene relatif lebih cepat didapat dan juga kita bisa tinggal langsung dengan pasangan, karena kita sudah berada di Amerika (untuk menikah dan tinggal bersama).

Resikonya adalah kalau tiba-tiba si calon ada musibah atau masalah sehingga pernikahan tertunda, padahal masa berlaku visa tunangan itu cuma 6 bulan, belum tentu visa nya bisa diperpanjang. Atau tiba-tiba calon berubah pikiran, membatalkan pernikahan sementara kita sudah di Amrik seorang diri, tidak punya tiket untuk balik ke Indonesia.

Karena kami putuskan untuk menikah di Indonesia, artinya saya akan diberikan visa pasangan (spouse visa) yang prosesnya lebih lama dibanding dengan visa tunangan.

Resiko visa pasangan ini adalah kami tidak bisa langsung hidup bersama sebagai pasangan (kecuali memang kamu sudah punya visa turis misalnya). Hal ini sudah kami bahas bersama-sama, dan saya pribadi tidak masalah ‘ditinggal suami setelah menikah’, karena saya terbiasa wara-wiri sendiri atau dengan teman-teman kantor.

Untuk menikah dengan orang Indonesia, si warga negara Amrik harus ke Kedutaan Besar Amerika untuk urus masalah administrasi: menandatangani formulir boleh/bisa/bebas untuk menikah. (formulir dan keterangan lebih detail bisa dilihat di sini.-bandingkan dengan arsip yang saya punya)

Di akhir tulisan, saya bagi juga arsip-arsip yang kebetulan masih saya simpan

Tapi ingat loh, ini dokumen-dokumen jaman kuda :2003, ada kemungkinan tidak berlaku lagi, meskipun ada beberapa hal yang masih sama.

Dan kita pilih jalur legal alias sesuai hukum keimigrasian Amerika. 

Nah, setelah kami menikah di Jakarta, Indonesia, Suami balik ke Amerika, segera ajukan petisi untuk mensponsori relatif saya, sebagai istrinya untuk imigrasi ke Amerika (Formulir I-30).

Salah satu persyaratan di formulir ini adalah dia harus membuktikan kalau dia berpenghasilan cukup untuk menghidupi kami berdua di Amerika dan kami berdua juga harus melampirkan bukit-bukit kalau kami sah menikah di Indonesia. (kartu nikah dan surat keterangan menikah)

Jadi waktu itu saya dari Indonesia sibuk mengurus terjemahan bahasa Inggris surat nikah kami di penterjemah yang diakui oleh Kedutaan Besar Amerika. Untungya buat saya, salah satu dari penterjemah tinggal di komplek yang sama dengan saya. Jadi saya tidak perlu repot jauh-jauh ke kota (saya tinggal di pinggir kota gitu loh) 😉

Saya harus kirim dokumen tersebut ke suami, yang oleh suami akan dilampirkan bersama-sama dengan formulir I-30.

Seingat Saya proses pengiriman dokumen ke imigrasi Amerika itu paling tidak dilakukan 3 kali. Setiap kali dokumen di kirim, Suami akan mendapat notifikasi tentang dokumennya. Diterima atau ada kekurangan lampiran. Dan seingat Saya kita harus membayar paling tidak 2 kali biaya keimigrasian – yang tidak murah. ($300)

Proses -pengajuan visa dari mulai pengiriman dokumen hingga visa dikeluarkan –ini juga berlangsung cukup lama – minimal 6 bulan hingga 12 bulanan atau lebih.

Saya baru satu tahun lebih akhirnya mendapat visa pasangan (spouse visa). Terus terang cukup menjengkelkan dan melelahkan hati. Karena selalu ada orang-orang usil yang bertanya ‘Koq masih di Indonesia? Kapan visanya keluar? dan seterusnya.

Sampai-sampai ada yang menggosipkan kalau Saya dikibuli si bule, atau cuma di kawin kontrak dan ditinggal. (menghela nafas panjang).

Visa saya keluar tanggal 1 Februari 2005 dan berlaku hingga 31 Januari 2007.

visaimigran

Saya berangkat ke Amerika tanggal 26 Maret 2005.

stampairport

Visa ini adalah kunci untuk saya masuk ke negara Amerika. 

Nah setelah masuk ke Amerika, Saya segera ajukan penggantian status (formuliar I485), yang merupakan awal dari proses selanjutnya yaitu mendapatkan kartu penduduk tetap (Permanent Resident aka Green Card).

PR seperti namanya adalah dokumen resmi yang membuktikan kalau saya adalah penduduk tetap Amerika yang artinya saya tidak lagi perlu pusing mengurus visa untuk keluar masuk Amerika karena saya sudah PR- bukan turis lagi lah- dan juga memberikan saya hak-hak lainnya seperti layaknya warga negara Amerika.

Penggantian status ini memudahkan Saya untuk bekerja dan menetap dengan legal di Amerika tanpa tergantung dari visa.

Dengan pergantian status, meskipun saya belum memiliki kartu PR, saya sudah berhak untuk bekerja secara sah. Dari pergantian status ini, saya mendapat nomor sosial yang artinya saya boleh bekerja secara legal (dan membayar pajak tentunya)

Nah, hukum keimigrasian Amerika itu berubah-ubah.

Sekitar 20 tahun lalu, pasangan non Amerika yang menikah dengan warga negara Amerika otomatis mendapat kartu penduduk tetap. Yang ada, banyak pernikahan bohong-bohongan, dimana imigran-imigran hanya memanfaatkan warga negara Amerika untuk mendapat si KTP.  Mungkin karena ini lalu hukum keimigrasian Amerika berubah.

Sewaktu Saya mengajukan petisipun, dalam waktu sekitar 6 bulan, hukum keimigrasian berubah lagi. Kebetulan Saya berkenalan dengan teman yang juga menikah dengan orang Amerika, suaminya boleh mengajukan petisi dari Indonesia – waktu masa Saya tidak boleh.

Rekan Saya itu mendapat visa relatif lebih cepat, tapi kartu penduduk tetap yang dia dapat masa berlakunya lebih pendek dibanding yang Saya dapat. (PR Saya berlaku 10 tahun, dia berlaku 2 tahun).

Lumayan riweh lah dan melelahkan hati, tapi yang jelas sekarang kami tenang. Karena tidak perlu pusing memikirkan ijin tinggal, bekerja, mebayar pajak dan sebagainya, karena semua sesuai hukum yang berlaku.

Untuk masalah imigrasi Amerika, gunakan link ini ya.

Jangan terkecoh dengan situs imigrasi US yang nongol lewat pencarian Google, selalu gunakan http://www.uscis.gov

Cara mengisi formulir I-30 bisa dibaca di sini

Mudah-mudahan cerita Saya ada gunakan, tapi ingat loh, setiap kasus – tergantung dari visa yang di dapat untuk masuk ke Amerika, proses imigrasinya berbeda.

Yang sama : lakukanlah sesuai dengan hukum yang berlaku ah!

Arsip 1 : langkah-langkah yang kudu dilakoni untuk menikah dengan wn Amrik, baik menikah di Indo atau menikah di Amrik :

marriedinusindo

Karena saya menikah secara Islam, saya juga kudu cari penghulu yang bisa berbahasa Inggris, kalau tidak salah saya dapat referensi dari tempat menikah : Masjid At Tin, Taman Mini Indonesia Indah.

Ini arsip janji suami dalam bahasa Inggris :

 

husbandpledge

Arsip 3 : Pengucapan penerimaan menikah

penghulu

Arsip 4 : Surat keterangan dari Kedutaan Besar Amerika : ijin untuk menikah di Indonesia

formembassy

Advertisements

211 comments

  1. Mba irus,sy dan kekasih sy juga berencana menikah di indonesia.permasalahanx adlh izin kerja beliau hanya 5hari termasuk utk pergi pulang(beliau bekerja di american protein inc hanceville al).apalagi nikah kristen,kelengkapan dokumen calon suami harus ada surat lapor kedatangan dr kepolisian segala,harus mengikuti sesi nasihat pernikahani gereja 4x,harus ikut baptis ulang (krn di luar negeri gk ada baptis selam ) hhhhh horor sy jadix mba iruuuuus
    Oya mba,bagaimana dengan peran pengacara imigrasi,apakah mereka bisa membantu mempermudah dan mempercepat proses visa tersebut?
    Matur nembah nuwun sebelum dan sesudahx tas tanggapan mba irus.salam 😃💐

    1. Secara pribadi, Aku gak liat pengacara imigrasi bisa mempercepat proses ya…kecuali km kondisinya tidak patuh hukum. Misalnya pernah nikah tp gak ada surat cerai, pernah nyelundup masuk ke amrik tanpa visa yg bener…kondisi neko neko lah istilahnya.

      1. Assallamualaikum MBA irus salam kenal dari sy sblmnya,nama saya rini,senang bs ketemu blog mba,mba irus saya ingin bertanya soal menikah dengan warga america,yang menjadi masalah saya adalah,saya pernah menjadi ilegal di america selama hmpr 10 thn,kemudian sy pulang,dan teenyata kekasih sy telah selesai masa tugas dr iraq dan , kembali ke negara asalnya america,yang menjadi saya ketakutan adalah,apakah saya akan bisa meminta visa untuk pergi lagi ke america?,atau saya tidak bisa lagi pergi ke Sana,terus terang dalam waktu dekat ini insyaallah kami akan menikah di indonesia,dan saya juga masih bingung harus meminta bantuan ke siapa untuk masalah pernikahan kami ini,mohon bantuan penjelasannya ya mba,thank you so much.

      2. Waalikum Salam Rienie, Aku kurang tau ya kl km pernah illegal apakah km akan kesulitan masuk US.
        Mungkin gini, dulu Kamu illegal dan dideportasi? Kl Iya, kemungkinan km ada recordnya ya….kl gak ada recordnya, Mudah mudahan km gak ada masalah. Kalo ada kesulitan , mungkin ada baiknya kamu pakai pengacara.

  2. Dear Mb. Irus Pernikahan dimana yang Lebih Simple kita lakukan sebagai WNI,-
    Apakah di Indo atau USa,- Berhubung calon saya mengiginkannya di USA,-
    Terimkasih Sebelumnya

      1. Hi Mbak Irus, Kalau menikah diAmerika, persyaratan apa yg hrs sy persiapan dr Indonesia? Thanks anyway

  3. Halo mba, saya dan pasangan jg mau menikah di indo, nah karena abis nikah nunggu prpses visa pasangannya lama, kalo semisal saya bikin visa turis dulu sebelum nikah possible nggak ya? Biar bisa ketemu gitu hehe
    Kita masih bisa visit meskipun dalam proses pembuatan visa spouse?
    Thx MBA

    1. Ki….Semua orang sah sah saja untuk mengajukan turis visa, Tapi memang tidak ada garansi akan dikasih. Berdasarkan pengalaman sendiri dan kenalan, biasanya kedubes kl tahu si pengaju visa turis sudah dalam proses imigrasi ke amrik, lebih sering ditolak. Walhualam istilahnya. Possible ya possible aja,hak Kita koq mo ngajukan visa turis.

  4. Hi Mba Irus,

    Glad I ran into your blog! Mba Irus baik sekali secara komprehensif membalas satu persatu semua pertanyaan. Saya dan pasangan sudah pacaran 5 tahun dan dalam waktu dekat pasangan saya akan apply K-1 Visa. Saya punya beberapa pertanyaan Mba:

    1. Apakah betul saya tidak bisa/akan kesulitan untuk travel ke US menggunakan visa turis setelah pasangan saya submit visa K-1? Sebenarnya saya ada rencana untuk datang ke US bulan Februari 2017 untuk kasih surprise di ulangtahunnya tapi kok saya jadi merasa rencana ini tidak feasible ya…

    2. Alasan kami diawal ingin menikah di Amerika menggunakan K-1 visa (instead of menikah di Indonesia) adalah agar dapat processing time Green Card yang lebih cepat dan agar kami tidak harus berpisah lagi setelah menikah, karena kami khawatir kalau kami menikah di Indonesia dan langsung apply GC, kami akan terpisahkan jarak lagi untuk waktu yang lama. At the same time, saya juga ada keinginan untuk mengadakan akad/menikah secara agama dulu di Indonesia sebelum saya menikah di US untuk keperluan legal (sepertinya ini juga yang diinginkan orangtua saya). Apakah tidak apa-apa kalau misalnya pasangan saya mengajukan K-1 bulan depan kemudian kami menikah secara agama di Indonesia awal tahun 2017 kemudian menikah lagi hanya secara legal di US? Rencananya kami akan mengadakan resepsi di Indonesia setelah itu.

    Saya tunggu jawaban dari Mba. Thanks so much Mba Irus!

  5. Hi Mba Irus,

    Glad I ran into your blog! Mba Irus baik sekali secara komprehensif membalas satu persatu semua pertanyaan. Saya dan pasangan sudah pacaran 5 tahun dan dalam waktu dekat pasangan saya akan file for I-129F/Visa tunangan. Saya punya beberapa pertanyaan Mba:

    1. Apakah betul saya tidak bisa/akan kesulitan untuk travel ke US menggunakan visa turis setelah pasangan saya submit I-129F? Sebenarnya saya ada rencana untuk datang ke US bulan Februari 2017 untuk kasih surprise di ulangtahunnya tapi kok saya jadi merasa rencana ini tidak feasible ya…

    2. Alasan kami diawal ingin menikah di Amerika menggunakan K-1 visa (instead of menikah di Indonesia) adalah agar dapat processing time Green Card yang lebih cepat dan agar kami tidak harus berpisah lagi setelah menikah, karena kami khawatir kalau kami menikah di Indonesia dan langsung apply GC, kami akan terpisahkan jarak lagi untuk waktu yang lama. At the same time, saya juga ada keinginan untuk menikah secara agama dulu di Indonesia sebelum saya menikah di US untuk keperluan legal (sepertinya ini juga yang diinginkan orangtua saya). Apakah tidak apa-apa kalau misalnya pasangan saya mengajukan K-1 bulan depan kemudian kami menikah secara agama di Indonesia awal tahun 2017 kemudian menikah lagi hanya secara legal di US? Rencananya kami akan mengadakan resepsi di Indonesia setelah itu.

    Saya tunggu jawaban Mba Irus. Thanks so much Mba! 🙂

    1. 1. Gita…saya gak bisa bilang ‘betul’ kamu akan kesulitan dapat visa turis setelah pasangan ajukan aplikasi visa tunangan. Saya sendiri gak kerja di kedutaan Amrik, jadi gak tahu juga kategori apa yg membuat seseorang dikasih visa atau tidak. Kalau kamu mau coba ya itu hak kamu lah….cuma ya siap-siap aja kalau di tolak.
      2. Aku agak bingung dgn pertanyaan kamu : Apakah tidak apa-apa kalau misalnya pasangan saya mengajukan K-1 bulan depan kemudian kami menikah secara agama di Indonesia awal tahun 2017 –> maksud kamu selagi nunggu visa tunangan keluar gitu? –kemudian menikah lagi hanya secara legal di US?

      Kalau kamu ajukan visa tunangan – kamu HARUS menikah di Amerika dalam jangka waktu tertentu, kalau tidak ya visamu hangus dan kamu harus balik ke Indo kalau tidak mau statusmu ilegal.

      Kalau kamu udah nikah di Amrik, Kamu mau balik ke Indo, nikah lagi di Indo secara agama itu urusan pribadi kamu, atau mau pestain 10 tahun lagi (baik di Indo atau di Amrik) itu juga urusan pribadi kamu.

  6. Hai mba irus salam kenal!

    Mbak sy tertarik untuk bekrja di amerika trus yang ingin sy tanyakan jika masa kerja di amerika dalam jangka waktu tertentu misal 6 bulanan wajibkah untuk memiliki green card ?dan pengurusan green card ini harus di urus sendiri atau bisa di urus oleh agen yang menyalurkan kita?sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya.

  7. Hai Mb Irus…
    Mbak waktu migrasi ke US, apakah mbak mengalami kesulitan atau lancar2 aja? misalnya perubahan cuaca, kendala bahasa, soal mencari kerjaan, pergaulan, dll Saya sedang mengurus spouse visa dan dalam proses pindah ke US, dan apa aja yang paling penting hrs sy persiapkan?
    Mohon sharing nya mbak… thanks..

  8. Mba irus. Sy mau tanya, sy ada rencana nikah dgn american. Sy mau nikah resmi secara agama saja di Indonesia, di amerika sy akan nikah ulang baik agama / hukum. Sy jg berencana tinggal di amerika, apa salah 1nya hrs pake spouse visa ya? Soalnya lumayan jg harus tunggu visa slma 1 thn. Trs kira2 akn ada kendala ga ya krna ga menikah secara hukum di Indo

    1. Ello,saya gak tahu ya dokumentasi menikah ‘agama’ itu seperti apa, apakah diterima oleh imigrasi US? karena di Amrik tidak ada system menikah ‘agama’ atau menikah ‘hukum’.
      Kalau kamu mau tinggal di Amrik ya berarti istilahnya kamu akan berimigrasi ke Amrik ya, untuk imigrasi ke amrik ya perlu visa imigrasi. Krn kamu nikah dengan orang amerika ya artinya kamu harus ajukan visa spouse.

      Kenapa gitu cuma nikah secara ‘agama’ di Indo? bukannya lebih riweh ya?

      1. Nikah secara agama itu yg penting halal dulu mba. Terus nanti di US nikah lagi didaftarin ke pencatatan sipil kalo disini mah namanya. Nikah secara agama di indonesia (red. agama islam) ya gak ada dokumen apa2. Nikah sirri gitu maksudnya. Cuma buat ngehalalin aja. Jadi mungkin mba yg nanya itu pengen nikah di US karna prosesnya lebih gampang dr pd nikah di indo. Dan lebih gampang dapet fiancè visa dr pd spouse visa (?). Jadi yg penting nikah dulu di indonesia, halal secara agama, abis itu pendaftaran nikahnya di US. Macem isbat nikah di pengadilan agama. Aku juga pengen kaya gini sama pacar. Lebih enak kali ya gak ribet. Soalnya males juga nunggu spouse visa lama begitu.

      2. ya terserah aja ya…kalo hati lebih tenang dengan nikah agama dulu tapi ajukan visanya visa tunangan.
        Buat saya koq kayaknya ‘ngebohongin diri sendiri’ krn bilangnya ‘tunangan’ he…he…he..tapi ya terserah aja

        kalo memang niatnya gak mau nunggu lama2, dan yg penting halal (berhubungan suami istri?) ya silahkan ajukan visa tunangan.

  9. Haiii mbak iruss seneng banget ada blog ini,, ak mau tanya jga donk aku ada rencana mau menikah d us sama pacar saya tapi saya divorce dan punya anak bayi umur 2th pacarku jga divorce bakal ribet ga mbak buat ajuin visa spouse? Truss buat Biaya visa kira2 brpa yah truss buat wawancara visa harusd jakarta yah? Karna saya dri bandung thanks mbak d tnggu jawabannya

    1. hi Ira….selama kamu cerainya jelas – ada surat cerai, gak ribet lah..
      biaya visa coba lihat lagi di uscis.gov deh, karena udah beda kali dengan jaman saya…

      aku gak tahu juga apa bisa wawancara di Bandung ya…sepertinya memang harus di Jakarta deh…

  10. Hey mba irus salam Kenal saya Fitri saya baru menika dengan wna amerika, rencana ingin datang ke acara thanksgiving tahun ini saya dan suami berfikir untuk bikin green card akan lama jadi Kita memutuskan untuk bisa Turis dulu tapi saya gagal dapat bisa tutus dan suami sudah mencoba untuk konsultasi dengan embassy dan saya di suruh bikin green card yang pengen saya tahu untuk data2 saya di Indonesia seperti status pernikahan apakah Kita harus registration di embassy amerika? Dan mohon pentunjuk2nya untuk data2 apa Saja yang di butuh kan. Terima kasih banyak

    Salam

    Fitri

    1. hi Fitri, memang dari banyak cerita dan dari pengalaman sendiri, klo embassy dah tau kita pasangan orang amrik dan mau imigrasi ke amrik, cenderung ditolak kl mau masuk cara turis.

      kamu nikahnya dimana? kalo sudah nikah ya gak perlu daftar di embassy lagi ya…yg jelas ya sekarang kamu harus ajukan visa pasangan

      coba baca lagi di uscic.gov deh

      1. halo mba…. saya mau tanya klo seandainya saya apply visa turis dan di acceptt, saya setiba nya disana seandai nya pasangan saya mengajak untuk menikah… apakah bisa ? reply ya mba… thankyou 😀

      2. aku gak tahu ya kl visa turis boleh nikah ato enggak, aku lebih keder urusan imigrasinya…males di curigai macem2 sama petugas imigrasi Amrik…

  11. Halo mbak salam kenal,
    Saya WN Indonesia, bersuamikan WN Amerika Serikat.
    Saya berencana apply Green Card dari sini, sehingga lagi siapkan dokumen penunjangnya..
    Kalau boleh tanya, terjemahan buku nikah ini perlu dinotarisasi di US embassy atau tidak mba sebelum dikirimkan ke USCIS?
    Kalau perlu, selain dokumen terjemahannya, dokumen apa saja yang perlu dibawa saat proses notarisasi?
    Karena sebelumnya saya sempat baca beberapa blog yang menyebutkan harus dilegalisir dulu di 3 kementerian terkait (jadi saya sudah legalisir di kementerian agama dan kemenkumham hehe).
    Terima kasih sebelumnya

    Diana

    1. halo Diana…salam kenal ga…
      masalah notarisasi emang agak2 bingung ya…aku sendiri dulu gak di legalisir…(wong dokumen nikah aku kan dokumen legal koq dilegalisir lagi??), tapi memang aku juga baca di blog lain, ada keharusan dilegalisir ya, jadi kalo aku bilang ya wis di legalisir wae….istilahnya kalo mending persiapan lebih dari yang disyaratkan daripada kurang…malah ditolak….;-)

      1. Hai Mbak Irus, terima kasih balasannya 🙂
        Kemarin aku konsul jg ke teman2 di grup FB Komunitas Kawin Campur juga sama sih, pada nggak legalisir segala, lancar2 saja sih hihi. Thanks ya…

      1. Surat ijin menikah di Indo? maksudmu buat calon suami? aku udah jelasin di paragrah ini :
        “Untuk menikah dengan orang Indonesia, si warga negara Amrik harus ke Kedutaan Besar Amerika untuk urus masalah administrasi: menandatangani formulir boleh/bisa/bebas untuk menikah. (formulir dan keterangan lebih detail bisa dilihat di sini.-bandingkan dengan arsip yang saya punya)”

        kalau kamu baca di blog aku, di tulisan aslinya di paragrah di atas aku sudah kasih ‘link’ yang ke situs kedutaan besar Amrik di bagian ‘marriage’, kamu tinggal klik ‘link’ ybs . Linknya ada di kata ‘disini’

  12. Hy mbak saya perkenal kan saya saka
    saya memiliki pacar orang america
    dan dia ingin saya menikah disana
    di america
    jadi bagaimana cara saya mendapat kan visa untuk kesana???
    Terimakasih

  13. Hi mba Irus..senang banget bisa ketemu blog Ini…
    Any tri bru menikah 2 bln lalu dgn wna Dan suami saya sudah balik ke amerika dan sementara mempersiapkan documents untuk apply spouse visa buat saya..
    Pertanyaan saya
    1. Buku nikah Indonesia sudah dalam 2 bhs inggris dan indonesia.. Apakah harus di translate lagi dan apa harus dilegalisis sebelum dikirim ke uscis?
    2. Selain buku nikah apa ada documents lain(terjemahan akta lahir,kartu keluarga, Ktp dll) Yg harus saya dan suami persiapkan untuk dilampirkan dg for I-130?
    3 mba irus ada rekomentdasi translator gak yg bisa ku hubungi:(
    Terima kasih sebelumnya mba ::))

    1. 1. Logikanya ya gak usah ditranslate lagi ya. Tujuan diterjemahkan ke bahasa inggris kan krn dokumen dalam bahasa Indonesia, supaya bisa dimengerti sama kedutaan atau imigrasi Amrik.
      2. Aku lupa dokumen apa aja, seinget Aku sih cuma akte nikah, akte lahirku. Coba cek lagi di uscis.gov ato situs kedubes America. Aku juga gak berani kasih tahu kamu dokumen apa aja yang harus di terjemahkan,karena aturan imigrasi amrik berubah-ubah…yg jelas kamu harus rajin rajin ngecek uscis.gov
      3. Kamu harus pakai penterjemah yg diakui kedubes Amrik. Aku kasih link ditulisanku, Tri. Coba baca lagi. Pilih yg mudah Kamu datangi, krn kemungkinan Kamu harus bolak balik.

  14. Assalamualaikum mb,
    Aku terbantu banget sama tulisan mb ini.karena sy berencana nikah sama pria warga negara amerika dalam skt dekat ini.dan saya sebagai pihak wanita dapat pencerahan banget.dan kayanya jadi sudah punya pandangan proses nikah yg lebih bikin kita simpel.ga ribet.dan sy lebih tertarik untuk menikah di amerika.abis daripada pusing kita nantinya.birokrasi di sini kan kita tahu sendiri.
    Mungkin kalo calon suami su tau pilihan sy ini,pasti dia seneng banget .
    Makasih ya mb….

  15. Salam kenal kak.. Aku mo Tanya kalau nikah agama di Indonesia kemudian ajukan visa K-1 apa itu bisa? Karna kami belum resmi menikah secara Legal

  16. Hi Mbak Irus,

    Mohon advise, saya mau nikah dgn WN amrik. Kita berdua hidup di Indonesia.
    Saya sudah beberapa kali ke amrik dan punya turis visa valid hingga 2 thn ke depan.
    Kami akan menikah di Indonesia 2 minggu lagi. dan akan register pernikahan kami di amerika juga. Kami tidak berencana hidup di amerika. Di Indo aja.

    Nah pertanyaan saya apakah mengisi I-129F dulu (yg proses nya bisa 6 bulan) baru I-130 atau dua dua nya pararel.
    Selalu ditagih keluarga amrik kapan acara nikah di amrik. Bingung jg jwbnya.

    Thanks xx

    1. kamu sudah baca informasi di situs kedutaan besar Amrik ?
      https://id.usembassy.gov/u-s-citizen-services/marriage/?_ga=1.256138699.1176231879.1489019798
      yg jelas karena kamu akan menikah disini, ya kamu harus ajukan visa I130 ya, bukan I129 (visa tunangan)

      memang nanti salah satu proses I130, kamu mungkin harus ajukan I129 lagi, tapi yg pertama diajukan ya harus I129

      kl cuma mau nikah di amrik, sih pakai turis visa aja bisa kali, karena kan kamu mau tinggalnya di Indo.

      aku kurang tahu juga apakah kamu harus ajukan I130, krn itu kan buat jadi permanent resident, yg ada syaratnya (kamu harus tinggal di Amrik selama periode tertentu – tidak boleh tinggal di luar amrik lebih lama dibanding tinggal di amrik intinya)

  17. hi Irus

    aku sdh menikah di amrik pake visa turis dan sebln kemudian balik ke indo, dan belum mengajukan apa” ke imigrasi amrik, aku rencana balik ke sana bln agt ,
    nurut km kalo aku balik ke amrik lg tetap gunakan visa turis itu jd masalah ga di imigrasi amrik ?

    1. Ussy, aku gak tahu juga yaaa….kalo visanya masih berlaku ya harusnya ya gak apa2 lah.

      Kalo pas kamu mau urus jadi penduduk tetap yang mungkin agak riwet.

      1. Kak Irus minta kontak WA nya dunk… Aku mo tanya2 tentang visa Makasi .

        Sent from my iPhone

        >

      2. hi Irus , aq lagi nyari penerjemah indo – inggris soalnya kamu post di link kamu itu pas aq klik ga ada (blank) , bs share no telp , thanks

  18. Dear Mba Irus,

    terimakasih untuk informasinya,

    ada yang ingin saya tanyakan:
    1. Bisakah saya tinggal sementara di Amerika dengan memakai visa non immigrant sambil mengajukan petisi untuk green card (kebetulan ibu saya sudah mendapatkan green card duluan dan berencana mengajukan petisi untuk saya) ?
    2. apakah dokumen yang dipersyaratkan untuk visa immigrant harus dikirimkan bersamaan dengan form I-30 ? sepengetahuan saya pemegang green card harus mengirim form terlebih dahulu baru kemudian setelah diapprove oleh USCIS.gov , kita harus mengirim dokumen yang dibutuhkan.

    terimakasih sebelumnya.

    1. kalau ditanya bisa atau tidak, ya bisa bisa saja – kamu masuk Amrik pakai turis visa dan tinggal di Amrik, cuma ni y a….yang mungkin riweh waktu kamu akan urus status dari turis jadi imigran….krn kamu sudah masuk duluan, cenderung ‘dicurigai’ kalau kamu maksain status imigran kamu (ilegal)

      dokumen dikirim setelah imigrasi Amrik terima form I30. Kamu bisa siapkan ini itu sebelum terima, misalnya ya terjemahkan dokumen2 yg dalam bahasa Indonesia.

  19. mbak.

    kalau punya anak gimana ya cara ngurus citizenshipnya??? CRBA dan passportnya??
    apa orangtua harus hadir keduanya?
    karena kebetulan I-130 saya masih belum selesai jadi saya melahirkan di indonesia

    1. Hi mbak epy, lagi urus visa imigrasi kah? Case saya lagi di nvc, bolehkah minta email mbak untuk sharing pengalaman?

  20. hi mbak waktu wawancara spouse visa apa aja sih pertanyaannya?? ada pertanyaan menjebak gk yah yg bisa buat visa kita tidal do approve?

    1. gak koq. kalau aku bilang ni ya…pas wawancara di kedutaan sih, cuma formalitas saja, pengecekan apa kamu sesuai dengan paspormu, ceking identitas lah. Kalau nanti wawancara di Amrik itu yg lebih mungkin ditanya lebih macem2

  21. Salam kenal ya Mba Irus, saya Natalia,saya mau nanya mba, saya baru menikah dengan suami saya yg warga amerika, tahun kemarin ( 2016 ) di Gereja Protestant di Bali, yg menjadi pertanyaan saya, persyaratan apa aja /documents apa aja yg harus saya persiapkan untuk meng apply Visa mba?? It’s doesn’t matter whatever visa, yg penting saya bisa mendapat Visa untuk ke negara suami saya, tolong di balas ya mba, plsssss

  22. Assalamualaikum mbak Irus..
    ya Allah aku seneng banget nemu blog ini :’D
    Sedikit mau cerita dan mau tanya beberapa hal ya mbak hehe cerita aku kayaknya hampir sama kayak kamu deh mbak.. Aku baru menikah Oktober kemarin dengan pria kewarganegaraan US, setelah menikah aku apply spouse visa dan sudah aku kirimkan dokumen tersebut dan pihak USCIS sudah menerima per tanggal 6 Desember 2016, aku menggunakan jasa RapidVisa untuk mengurus ini semua. Tapi sedihnya sampai sekarang belum ada progress apapun 😥 suamiku per satu minggu telfon jasa RV ini and they can only say, “all you can do is wait, please be patient…..” Oh well, ok then.
    Ada beberapa pertanyaan mbak mohon untuk dijawab biar aku tenang hehe
    1. Apa sih yang membuat lama USCIS meng-approve dokumen kita?
    1. Apakah akan selalu di approve oleh US Embassy perihal spouse visa ini? karena penantian lama ini kalau ditolak kayaknya sakit hati banget rasanya
    2. Selama proses interview memakan waktu berapa lama? (kalau boleh tau) pertanyaan yang diajukan ketika mbak Irus interview apa saja?

    Btw, mbak Irus terimakasih sudah menulis blog tentang ini yaa, salam kenal dan selamat berpuasa! 🙂

    1. Halo Rifa salam kenal juga…
      sebetulnya ni ya…urusan imigrasi tidak perlu pakai jasa orang ketiga…krn tidak ada bedanya…tetap saja harus menunggu….
      1. apa yang membuat USCIS lama menyetujui dokumen kita…-he..he..he..coba deh kamu bayangkan USCIS kan bukan cuma ngurusin imigran dari Indonesia saja…tapi imigran dari seluruh penjuru dunia…aku ngebanyangin pasti prosesnya riweh deh : 1. Dokumen kita sampai lewat surat, harus ada yang buka dan menyortir…..
      2. Setelah disortir, aku kebayang harus ada yang masukin ke komputer…….dari situ harus ada yang memilah untuk ditugaskan ke masing-masing agen imigrasi…..
      3. sampai di tangan agen imigrasi, si agen harus baca itu dokumen dan ngecek ini itu, apa komplit gak dokumen kita….dan seterusnya……..

      apakah selalu di approve? aku belum pernah tanya2 sih ya apa ada yang pernah ditolak visanya……kl dari pihak imigrasi Amrik sudah meng OK kan dokumen kita, sih pada dasarnya kedutaan Amrik tugasnya cuma mengeluarkan visa berdasarskan keputusan USCIS, keputusan bukan di kedutaan Amrik.

      wawancara di kedutaan Amrik itu boleh dibilang sekedar pengecekan identitas – si pelamar visa dengan yang datang secara fisik di kedutaan. Mereka harus mastikan lah yang dikasih visa beneran orang yang mengajukan lamaran visa. Jadi lebih ke arah pengecekan identitas pelamar ya…matching gak foto yg di surat lamaran dengan orang yg ambil visa….

      begitchuuuuuuuuuuuuuu

      terima kasih sama-sama, mudah2 an jawabanku bisa bikin tenang sedikit…

  23. Assalamualaikum Mba Irus…seneng banget nemu blog mu mba. Ngebantu bgt buat buat yg mau urus spouse visa ke US.

    Aku ada pertanyaan. Aku baru menikah dengan WNA Amerika dan mau urus spouse visa. Aku baca di blogmu ada persyaratan bukti tabungan yang dimiliki suami. Nah itu strict bgt kah soal angka nya? Dan apakah mba juga penyertakan bukti tabungan mba?

    Makasih sebelumnya.

    1. Walaikum salam Annissa,
      aku lali, memang aku bilang harus ada syarat tabungan ya?
      intinya gini pemerintah Amrik gak mau dong kasih masuk warga negara lain yang nantinya jadi beban negara Amrik, yang membawa harus ‘membuktikan’ kalau bisa menghidupi si pendatang. Masalah angka aku gak tahu ya….

      but that’s the logic behind it.

      kamu bisa bandingin biaya hidup di negara bagian yang akan kamu tinggal, dan lihat pendapatan suamimu…selama tidak di poverty line, Aku rasa gak akan ada masalah ya.

  24. Hi mbak Irus, sy Dewi. Sy jg lagi urus dokumen utk menikah dg calon dr USA, yg sy mau tanyakan perlukah data2 kita WNI dilegalisir diUS Embassy dulu selain Kemenlu, Kehakiman, dll yg diIndo?
    Dan perlukah data calon suami jg dilegalisir dl diUD Embassy Jakarta utk pengajuan ke Catatan Sipil Indonesia?
    Makasih mbak

    1. Yang perlu dilegalisir itu hanya buku nikah ya…Aku juga baru ngerti….Krn disini aturan tiap Negara bagian Beda2, dgn dilegalisir pernikahan km di indo diakui local disini

  25. Sy punya sodara kandung uda warganegara amerika dan uda lama menikah ama bule sana. Dia ingin sy tinggal disana. Apakah sy punya peluang tinggal disana ngak ya? dan bagaimana cara mengurusnya ?

  26. senang rasanya baca cerita ini.

    mba irus ,boleh saya tau email-nya ?

    sy niat nya mau berangkat ke Amerika dlm waktu dekat ini,
    sy ingin bertemu ,jika berkenan. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s