Bumbu oh Bumbu, Dimanakah Engkau harus Aku cari?

Sudah menjadi kenyataan kalau perut melayu itu berbeda dengan perut Bule.  Meskipun sebagian besar dari kita yang tinggal di luar negeri ‘berhasil’ beradaptasi dengan makanan lokal (alias kentang, steak dan lain-lain), sebagian lagi dari kita masih terngiang-ngiang akan makanan Indonesia.

Nah kalau sudah begini, artinya harus cari bumbu-bumbu masak di Indonesia dong?!

Cara termudah ya belanja via online, tapi di tulisan ini Saya mau cerita mencari bumbu di toko-toko tradisional.

Susah-susah gampang mencari bumbu-bumbu dapur Indonesia. Ada beberapa bumbu yang lebih mudah didapat dibanding bumbu jenis lainnya.  Yang jelas harus tahu dulu nama bumbu dalam versi Inggrisnya. Referensi yang Saya pakai dari situ IndonesiaEats milik Ibu Pepy atau dari situ Resep Keluarga Nugraha.

Setelah tinggal di 3 kota, ini kesimpulan Saya tentang bumbu-bumbu yang tidak selalu mudah didapat.

– Gula Jawa/Coconut Sugar

– Lengkuas/Galangal

-Kencur /Kaempferia Galanga

-Margarin Blueband

Kalau teman-teman termasuk penggemar bumbu-bumbu diatas, lebih gampang kalau pesan lewat toko online deh.

Tapi kalau teman-teman baru sampai di Amrik dan pengen banget masak makanan Indonesia, coba cek toko-toko berikut :

Whole Food Market supermarket yang pasarnya ke konsumen sadar lingkungan dan kesehatan ini lumayan banyak ditemukan bumbu-bumbu ‘eksotis’ plus…tempe! Meskipun menurut Saya rasa tempe ala Amrik agak kurang ‘asli’ tapi lumayan lah untuk penawar rindu…

The World Market selain menjual perabotan, pernak pernik dari berbagai negara, di toko ini juga kalian bisa temukan bumbu-bumbu ‘dasar’ seperti jahe, ketumbar, daun salam. Berbagai jenis mie, juga bisa di beli disini.

Earth Fare serupa dengan Whole Food Market , di supermarket ini ada bagian dimana kalian bisa temukan bumbu-bumbu unik, termasuk bumbu-bumbu dari Asia Tenggara.

Kadang supermarket setempat bukan tidak mungkin menjual bumbu- bumbu etnik, tergantung lokasi mereka. Jadi jangan putus asa kalau tidak ketemu di lokasi X, bukan berarti di lokasi berbeda pasti hasilnya sama.

Selamat berburu bumbu-bumbu Indonesia!

 

Advertisements

3 comments

    1. Hi Pepy!hey it’s an honor to link to your blog!! I just started blogging again…this blog is pure in Indonesian with grammar as correct as possible!! ;-)Hope you have time to read mine.

  1. oh bagus2 soal makanan kayaknya ngga jadi masalah. pagi n malam bisa makan apa aja. mulai dari nasi sampai se gelas susu aja bisa. kalo siang msh belum bisa hehe, karena di indo cuaca panas ya.. kalo siang ngga makan nasi bisa k.o hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s